Monday, February 9, 2009

Misy’al Sambut Semua Inisiatif Dukung Masalah Palestina




Khurtum-Infopalestina : Ketua Biro Politik Hamas, Kholid Misy’al menegaskan, pihaknya masih lanjutkan proyek perlawanan demi terbukanya perlintasan dan dicabutnya blokade Zionis terhadap Gaza.

Pernyataan ini diungkapkan Misy’al dalam konferensi persnya Ahad (8/2) di Khurtum, ibu kota Sudan. Ia mengatakan, pertempuran Gaza kembali bergulir berkat dukungan dari sejumlah negara Arab dan Islam.

Dalam pada itu, Misy’al menyebutkan, pihaknya menyambut semua bentuk inisiastif atau mediasi dari siapapun. Sikap Hamas mendukung segala sesuatu demi kepentingan nasional yang menjamin tercapainya hak-hak rakyat Palestina dan perlawanan.

Dalam kaitan ini, Misy’al membantah isu yang menyebutkan bahwa Hamas ingin menyingkirkan gerakan Fatah. Akan tetapi ia menolak bila Fatah disebut sebagai satu-satunya referensi Palestina saat ini.

Dalam kesempatan ini, Misy’al juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan Khurtum, baik dari sisi politik, opini maupun pendanaan. Misy’al bertemu dengan Presiden Palestina, Umar Al-Basyir yang menegaskan dukungan pemerintahnya terhadap masalah Palestina hingga tercapai cita-cita pendirian negara Palestina yang merdeka dengan ibu kotanya Al-Quds.

Terkait dengan hubungan bilateral antara Khurtum dan gerakan Hamas, Misy’al mengungkapkan kebahagianya atas dukungan negera tersebut. Ia juga menampik mengkaji kembali hubunganya dengan pemerintah Khurtum terkait tindakan pemerintah Sudan yang menutup kantor biro penerangan Hamas di kota tersebut. Ia mengatakan, hubungan kedua belah pihak biasa saja tidak ada masalah.

Sementara itu, Misy’al mengaitkan proses dialog Palestina-Palestina dengan meninjau kembali piagam kesepakatan nasional yang telah ditandatangani kedua belah pihak di Kairo tahun 2006. ia menegaskan, Hamas tidak bekerja di dalam satu poros untuk melawan poros lainnya di kawasan.

No comments: